Sabtu, 10 April 2010

Belanja Online

Saat ini belanja menjadi lebih mudah dengan adanya fasilitas online. Beberapa manfaat yang bias diambil diantaranya adalah:

1. Bisa membandingkan produk yang akan kita beli dengan merk atau type lain yang sejenis, fitur dan berbagi kelengkapan lain bisa kita ketahui dan bandingkan, sehingga kita puas menentukan pilihan.

2. Dengan membandingkan harga dari toko online satu dengan yang lainnya, maka kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Biasanya kita membeli suatu produk secara online karena produk tersebut tidak ada di kota kita, atau kalaupun ada harganya jauh lebih mahal, maka kita bisa menghemat biaya dari pada kita misalnya ke Jakarta langsung.

4. Kita tidak dipusingkan dengan keliling toko satu ke toko yang lain disertai tawar-menawar yang bikin kesal.

Pengalaman saya selama ini dalam berbelanja online memuaskan, awalnya khawatir nanti barangnya dikirim apa nggak, kena tipu atau nggak? Namun hal-hal seperti itu tentunya sudah menjadi pantangan bagi toko online, karena mereka berjualan bukan seperti asongan yang bisa sekehendaknya buka tutup dan pindah tempat, sekali mereka tidak dipercaya maka toko online bias bangkrut. Kepercayaan adalah modal utama mereka, dan memang seharusnya kepercayaan menjadi budaya masyarakat Indonesia.

Saya pertama kali belanja online ketika membeli PDA di toko Sarang PDA, ketika saya ingin mengganti baterepun lewat online, karena memang saya tidak menemukan barang itu di kota saya. Kemudian yang kedua ketika membeli kamera digital. Saya bandingkan harga canon SX110 di Medan dengan di toko online Okatagon sangat jauh, walaupun ditambah ongkos kirim masih jauh bedanya sehingga saya memilih belanja online. Selanjutnya membeli IP Camera, harganya juga beda jauh antara toko online Bhineka dan yang di Medan Plaza. Dan yang barusan saya belanja online adalah membeli sepeda lipat. Ketika saya memesan sepeda lipat di Sepeda Gaya, harganya jauh lebih lebih murah, namun ketika sudah membeli ternyata harga di Carrefour sudah turun jadi harganya sama dengan di Online plus ongkos kirim, tapi warnanya sudah sesuai dengan keinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar