Senin, 28 September 2015

Solat Subuh Terakhir Bersama Pak Hamim



Dalam satu minggu terakhir ini ada yang berbeda dari Pak Hamim. Biasanya habis sholat isya diakhiri dengan sholat ba’diyah berbarengan dengan mematikan lampu masjid. Sampai saya selesai ba’diyah beliau masih berdoa dengan khusyu sambil menangis. Kami tinggalkan beliau sendirian di masjid. Nggak enak juga sebenarnya membebankan tugas mematikan lampu dan menutup pintu kepada beliau.

Usianya sudah 69 tahun, tubuhnya kecil namun masih sehat dan segar. Hatinya yang bersih saya yakin jadi salah satu kunci kesehatan dan kesegarannya. Bicaranya lepas, nggak ada beban yang disandangnya. Rendah hatinya, ini yang saya catat special dari beliau.
Belum banyak yang saya ketahui tentang beliau, saya sendiri baru 4 bulan menempati rumah yang saat ini dan menjadi jamaah masjid dimana Pak Hamim sebagai imam. Beliau adalah orang pertama di masjid yang mengenal nama saya, selain Mas Johni Purwantoro tentunya. Begitu melihat saya sebagai jamaah baru, beliau langsung mengajak saya berkenalan.

Pada kesempatan berikutnya beliau mempersilahkan saya jadi imam, saya terima tawaran tersebut. Sebuah sambutan selamat datang yang tulus sebagai jamaah baru. Hari hari berikutnya saya  menikmati sholat jamaah yang diimami Pak Hamim. Suaranya tidaklah begitu merdu, namun karena digerakkan oleh hati yang bersih membuat saya ‘nyaman’ sholat bersama beliau.

Hari Jumat kemarin, ternyata adalah hari terakhir kami bersama beliau. Sholat subuh kami laksanakan seperti rutinitas, dan beliau menjadi imam, tidak ada hal yang istimewa. Ketika sholat Jumat, ternyata Allah memberi kesempatan happy ending kepada beliau. Khatib Jumat yang terjadwal berhalangan hadir, sehingga beliau menggantikannya. Khutbah dilaksanakan dengan singkat, batuk batuk mengiringi saat khutbah kedua. Saat iqomah adalah masa injury time bagi beliau, sudah terasa payah beliau untuk berdiri, salah satu jamaah menggantikan beliau menjadi imam. Sholat jumat dilaksanakan beliau dengan posisi duduk. Dan itu adalah pintu perjumpaan beliau dengan Sang Khaliq.

Komplek kami berduka, kami kehilangan sosok orang tua yang begitu dihormati dan dibutuhkan kehadirannya. Allah memberikan ibroh kepada kami semua dengan akhir Pak Hamim yang begitu elok. Hari itu seolah Allah menyuruh kami untuk mengenang beliau. Sabtu pagi menjelang subuh, murotal yang terdengar di menara masjid adalah surat Al jatsiyah, yaitu surat yang diawali dengan Haa miim, tanzilul kitabi minallahil azizil hakim. Sang muadzin pun tak kuasa menahan haru, haya alal falah dikumandangkan dengan suara tangis.

Ternyata tidak cukup sampai disitu, habis subuh saya menuju masjid tetangga untuk mengikuti pengajian rutin tiap Sabtu pagi, ternyata ayat yang dibahas adalah awal surat Al Jatsiyah, Haa miim, tanzilul kitabi minallahil azizil hakim…
Selamat jalan Pak Hamim, kebersihan hatimu selalu jadi inspirasi kami …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar